Selasa, 03 Januari 2017

Bahaya Bekerja Menatap Komputer Terlalu Lama

Bahaya Bekerja Menatap Komputer Terlalu Lama



 
Jika Anda adalah pekerja kantoran yang pekerjaannya didepan komputer, mulai sekarang berhati - hatilah. Karena pekerjaan yang selama ini Anda anggap aman - aman saja ternyata mempunyai resiko penyakit dalam yang lebih berbahaya dari para pekerja lapangan. Karena para pekerja kantoran tidak banyak bekerja aktif, sedangkan tubuh membutuhkan gerakan aktif untuk membakar kalori - kalori yang ada pada tubuh, jka kita tidak bergerak dan hanya duduk menatap tubuh tentu tubuh tidak dapat membakar kalori dengan mudah. Berikut ini merupakan beberapa dampak yang dapat saya jabarkan :

1. Kerusakan pada mata

Gangguan kesehatan yang pertama ialah gangguan pada mata. Seperti yang telah diketahui bahwa komputer yang menyala akan memancarkan radiasi, dan radiasi inilah yang membuat pandangan seseorang terganggu. Ketika seseorang menatap layar komputer terlalu lama, gangguan mata seperti mata perih, mata merah dan mata berair sangatlah umum terjadi. Tapi, jika hal ini terus-menerus dibiarkan, bahaya radiasi komputer bisa mengakibatkan gangguan serius pada mata seperti mata minus.

2. Gangguan tulang belakang

Ketika seseorang bekerja di depan komputer dalam waktu yang lama, ia akan memposisikan duduknya serileks mungkin agar tidak cepat lelah. Akan tetapi, terkadang orang yang duduk dengan rileks tidak memperhatikan apakah posisi duduk tersebut benar atau tidak. Jika orang tersebut tidak duduk dalam posisi yang benar dalam ilmu kesehatan, akan ada kemungkinan jika orang tersebut terkena gangguan tulang belakang. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan oleh salahnya posisi duduk seseorang dalam jangka waktu yang lama akan mengakibatkan tulang bengkok ke kiri, ke kanan atau membungkuk. Jika hal ini dibiarkan, hal ini dapat membahayakan kesehatan karena resiko syaraf tulang belakang terjepit meningkat. (baca juga : cara menjaga kesehatan tulang)

3. Kanker usus

Selain itu, gangguan kesehatan lain yang dapat terjadi jika duduk di depan komputer terlalu lama ialah kanker usus. Menurut penelitian di Australia, orang yang sering duduk di depan komputer terlalu lama mempunyai resiko kanker usus yang tinggi. Hal ini disebabkan oleh pasifnya tubuh ketika sedang ada di depan komputer sehingga resiko kanker usus pun meningkat.

4. Serangan jantung

Dampak buruk lain dari duduk terlalu lama di depan layar komputer ialah terkena serangan jantung. Dari hasil penelitian di London, Inggris, duduk di depan layar komputer dalam waktu yang cukup lama akan meningkatkan resiko serangan jantung sekitar 67%. Hal ini disebabkan oleh badan yang kurang gerak sehingga aktivitas jantung dapat terganggu yang bisa memicu serangan jantung. Apalagi yang telah mengalami penyakit jantung.

5. Terjadinya penggumpalan darah

Resiko lain yang terjadi pada seseorang apabila terlalu lama duduk di depan layar komputer adalah adanya penggumpalan darah. Penggumpalan darah ini dapat terjadi karena tubuh tidak melakukan gerakan yang dapat membanti aliran darah menjadi normal. Jelaslah bahwa penggumpalan darah akan sangat berbahaya bagi tubuh sebab jika dibiarkan, gumpalan darah tersebut dapat menyumbat aliran darah yang bisa menyebabkan pembuluh darah pecah. Pecahnya pembuluh darah ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian mendadak.

Sebenarnya hal - hal diatas dapat diminimalisir seperti:

    Duduk dengan posisi yang benar

Posisi tegak adalah posisi duduk yang benar di depan komputer. Hal ini juga dapat didukung dengan menggunakan kursi putar yang khusus dibuat untuk kesehatan tulang belakang. Dengan posisi duduk yang benar, gangguan tulang belakang yang dikarenakan bahaya duduk terlalu lama di depan layar komputer dapat diminimalisir.


    Lapisi layar komputer dengan kaca anti radiasi

Hal pertama yang dapat dilakukan ialah dengan melapisi layar komputer dengan kaca anti radiasi. Penggunaan kaca ini memang cukup efektif dalam mengurangi pancaran radiasi dari komputer sehingga dapat menurunkan resiko gangguan mata dan penyebab sakit kepala.

    Memakai kaca mata anti radiasi

Cara lain untuk menurunkan resiko gangguan mata dan sakit kepala adalah pengguna komputer memakai kacamata anti radiasi. Penggunaan kacamata ini dapat dilakukan sebelum pengguna komputer duduk di depan layar atau bisa juga ketika mata sudah mulai lelah.


Sekian tips dari saya semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar